Jember – Pada tanggal 17-19 September 2022, Unit Lembaga Sertifikasi Pihak Kesatu (LSP P1) Politeknik Negeri Jember baru saja menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi mahasiswa tahap ke 2 tahun 2021. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menggunakan 19 skema, dengan total asesi sebanyak 607 mahasiswa dan diuji oleh sebanyak 73 asesor. Skema-skema yang diuji meliputi; Mandor Budidaya Hortikultura Buah-Buahan, Mandor Kebun Kelapa Sawit, Petugas Pengambil Contoh (PPC) Benih Tanaman, Teknisi Budidaya Kedelai, Asisten Kebun Kelapa Sawit, Teknisi Madya Mekanisasi Budidaya Pertanian, Pengeringan Bahan Pangan, Fasilitator Pengawas Mutu Pakan, Supervisor Pengawas Mutu Pakan, Penyuluh Pertanian Supervisor, Pengelolaan Usaha Agroindustri, Kualifikasi VI Teknisi Akuntansi Ahli, Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Computing), Network Administrator Madya, Pengembang Web/Web Developer, Teknisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Supervisor Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Inspektor Engine Kendaraan Bermotor Roda Empat, Sertifikat IV Executive Administrative Assistant.

Para mahasiswa mengikuti uji kompetensi ini dengan antusiasme yang sangat tinggi. Selain berguna untuk mengukur skill mahasiswa terhadap skema uji yang sesuai dengan program studi yang ditempuh, kegiatan ini juga membekali setiap asesi (calon lulusan Politeknik Negeri Jember) dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (badan nasional sertifikasi profesi) melalui LSP P1 POLIJE. Sertifikat ini tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja sebagai penunjang penilaian skill yang mereka miliki. Sebagai tambahan informasi, saat ini Politeknik Negeri Jember mewajibkan setiap calon lulusannya untuk memiliki sertifikat kompetensi ini sebagai salah satu syarat pendaftaran yudisium, selain sertifikat uji microsoft office dan sertifikat bahasa inggris. Hal ini sangat positif untuk meningkatkan kualitas lulusan POLIJE yang memiliki visi untuk menjadi politeknik yang unggul di Asia pada tahun 2035.

Untuk menjaga kualitas kegiatan sertifikasi kompetensi di LSP P1 Politeknik Negeri Jember, maka LSP P1 POLIJE mengundang pihak industri (IDUKA) untuk menjadi observer sekaligus memvalidasi materi uji yang ada.

04-10-2022 | 0 comment(s)
Share :

Comments

Leave a Reaply

* Required Field